About

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 31 Januari 2011

Mengamankan Account Facebook dari Hacking (pencurian password).


Berikut tips sederhana untuk saudara-saudara kami dalam mengamankan account antum (facebook, email, twitter dan lainnya) dari hacking (pengambil alihan account) dengan cara-cara yang dapat terjadi tanpa kita sadari.

======
Tips 1
======

Kenali Facebook login phising (bisa juga terjadi email login phising dan accoount login phising lainnya, sesuaikan Tips 1 ini dengan jenis account antum)

Facebook login phising dilakukan dengan cara mengirimkan link halaman website palsu yang tampilannya benar-benar mirip Facebook (atau mirip yahoo mail/gmail dll).

Tanda-tanda Facebook Login phising cukup mudah dikenali. User menerima pesan dari contact list yang biasanya berisi kata-kata “Check this out”. Kemudian pelaku hack fb mengundang korban untuk meng-klik link yang akan membawa mereka kepada halaman palsu yang menyerupai login facebook.Ketika kita memasukkan username dan password pada halaman tersebut, maka pada hakekatnya kita sudah menyerahkan username dan password pada pelaku.

Berikut 10 tips Kaspersky Lab untuk mencegah dari serangan Facebook Login phising dan hack Fb:

1. Untuk situs sosial seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.
2. Jangan mengklik link pada pesan email.
3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
4. Mengecek akun bank antum secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
5. Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
6. Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.
7. Menginstall patch keamanan.
8. Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
9. Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.
10. Back up data anda.

Yang paling penting adalah antum senantiasa harus berhati-hati terhadap link-link mencurigakan yang tidak antum kenali, pastikan ketika login facebook, antum melakukannya dihalaman asli facebook yaitu https://login.facebook.com/login.php

Tipuan account login phising ini dapat terjadi baik melalui komputer publik (warnet) maupun komputer pribadi.

=====
Tips 2
=====

Segera mengganti pertanyaan keamanan email, (kami tidak menjelaskan alasannya secara detail mengapa, untuk menghindari penyalahgunaan tips ini). Caranya adalah sebagai berikut:

Bagi Pengguna Yahoo!:
Klik halaman ini:
http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/acct/info/sqachange.html
lalu Login ke Yahoo! Kemudian isilah kolom informasi yang ingin antum update yaitu pertanyaan kata sandi antum (security question and answer). Lalu klik save/submit.

Bagi antum pengguna Gmail:
Klik halaman ini:
https://www.google.com/accounts/UpdateAccountRecoveryOptions?hl=en&service=mail
kemudian Login ke Gmail, kemudian gantilah pertanyaan kata sandi antum (security question and answer). Lalu klik save/submit.

Saran kami, dalam membuat pertanyaan keamanan, buatlah pertanyaan sendiri dan jawaban yang unik yang tidak terkait dengan hal-hal pribadi dan orang lain tidak mengetahuinya namun kita mudah mengingatnya.

Kemudian simpan pertanyaan dan jawaban antum tanpa menyertakan informasi lainnya untuk menghindari bila pertanyaan dan jawaban tersebut di baca orang lain (agar mereka tidak mengerti apa maksud pertanyaan/jawaban ini). Penyimpanan ini untuk mengantisipasi antum lupa dengan pertanyaan dan jawaban pertanyaan tadi.

Ini adalah salah cara terbaik untuk melindungi akun Facebook antum. Dengan digantinya pertanyaan keamanan email, email menjadi lebih terlindungi dan Facebook pun akan terhindar dari Hacker. Tetapi perlu diingat ini bukan untuk mencegah 100% hanya meminimalkan resiko terkena hacking. Tetapi dengan adanya fungsi pencegahan yang baik, maka kita akan menjadi lebih terlindung dari hacker, insya Allah.

=====
Tips 3
=====

Hindari login account antum dengan menggunakan komputer publik (warnet/komputer orang lain), mengapa? Karena pemilik komputer sangat-sangat mudah merekam password antum dengan menggunakan program tertentu yang aktif tanpa antum sadari. Jika antum pernah login menggunakan komputer publik kami sarankan segera mengganti seluruh password via mobilephone atau komputer pribadi, karena boleh jadi password antum telah dimiliki oleh pengelola warnet.

Bagi ikhwan yang terpaksa login di warnet karena hal yang mendesak, gunakan saran berikut untuk mencegah password antum terekam (kami belum tahu apakah berfungsi atau tidak, namun setidaknya menghindari pengetikan password secara langsung)

Misal password antum: 12345
Maka ketik pada Notepad atau Microsoft Word: 123456
Kemudian copy paste di password login. Setelah itu hilangkan angka 6.

=====
Tips 4
=====

Kami tidak merekomendasikan online via hotspot/free wifi. Karena tahun ini telah direlease ********* yang dengannya seseorang dapat memasuki account orang lain yang berada dalam area hotspot yang sama. Adalah lebih baik online menggunakan fasilitas modem pribadi (untuk akses internet yang baik, gunakan kartu (bagi pemakai modem usb) yang mendukung sinyal HDSPA di tempat antum, dan gunakan software ‘ping’ agar koneksi internet tetap terjaga/tidak hilang).

====
Tips 5
====

Gunakan Password yang kuat. Yaitu perpaduan angka, huruf dan simbol.
Dan bagi yang memiliki beberapa account, gunakan teknik mainpasswordplus yaitu penggunaan beragam password yang mudah diingat namun memiliki keamanan yang tinggi.

Misal:
Email pertama antum: fulan@yahoo.com
Maka passwordnya: 13UL4N=fu+ya
Untuk facebook, passwordnya: 13UL4N=fu+fa

Email kedua antum: alan@gmail.com
Maka passwordnya: 13UL4N=al+gm
Untuk facebook, passwordnya: 13UL4N=al+fa

Perhatikan, 13UL4N adalah main password yang mudah diingat (berasal dari kata bulan), kemudian ditambah dengan dua karakter awal dari nama account (fu=fulan) dan dua karakter dari jenis account (ya=yahoo). Dengan menggunakan teknik ini, antum tidak perlu menghapal beragam password untuk berbagai account. Cukup menghapal satu mainpassword dan teknik penambahannya.

Silahkan melakukan inovasi sendiri. Kesimpulannya, beragam password yang kuat namun mudah diingat untuk berbagai account.

=====
Tips 6
=====

Gunakan anti virus dan anti spyware yang baik yang memiliki auto update saat online.
Aktifkan dan update firewall windows.
Berhati-hati dalam melakukan download file dan membuka file archive dari internet (terutama dari web yang tidak memiliki rekomendasi anti spyware).
Pahami dan sesuaikan setting web browser agar lebih aman.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar